Minimalisir Risiko Penularan COVID-19 Melalui Penggunaan Masker yang Benar dan Isolasi Diri


Bojonegoro - Kamis (01/10/20) diadakan Pengabdian Masyarakat di Desa Sembung, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Tema kegiatan yang diambil adalah "Penggunaan Masker yang Benar untuk Meminimalisir Risiko Penularan COVID-19 dan Solusi Isolasi Diri untuk Penanganan COVID-19". Kegiatan dilakukan di rumah Pak Carik Desa Sembung. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berupa Health Education mengenai Penggunaan Masker Yang Benar Untuk Meminimalisir Resiko Penularan dan Solusi Isolasi Diri Untuk Penangan COVID-19. Kegiatan diakhiri dengan bakti sosial kepada masyarakat yang kurang mampu di desa tersebut. Kegiatan dimulai sejak 14.00 WIB - selesai yang dihadiri oleh 3 Dosen pendamping, 4 Panitia PKKMB SEROTONIN 2020, 19 Mahasiswa Baru, dan 14 Mayarakat desa sembung dengan jumlah total 37 peserta. 


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan panduan untuk mengetahui bagaimana caranya memakai masker yang benar. Hal ini dalam rangka untuk mencegah penularan COVID-19. Langkah yang harus dilakukan adalah cuci tangan dengan sabun dan air sebelum memakai masker, masker harus menutupi hidung sampai mulut, usahakan jangan menyentuh masker saat dipakai, hindari menyentuh masker pada area depan ketika ingin membuka masker, buka masker dari belakang lewat tali, serta menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan dengan air dan sabun setelah membuka masker.


Isolasi mandiri adalah upaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan berdiam diri di rumah sambil memantau perkembangan kondisi tubuh kita. Kita tetap perlu memberi jarak aman dari anggota keluarga dan orang yang ada di rumah. Lama isolasi mandiri yang disarankan adalah 14 hari dengan konsep sosial distancing yang awalnya physical distancing.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama