Tentang LPPM Stikes Rajekwesi

 Latar Belakang

Lembaga Penelitian dan Pengandian Kepada Masyarakat merupakan pusat penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  di Stikes Rajekwesi Bojonegoro dalam Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di tingkat nasional, regional dan internasional. Globalisasi pendidikan mendorong LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro  untuk terus berinovasi dan berprestasi untuk mengembangkan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertaraf internasional.  Oleh  sebaitu,  LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro   selalu  menerapkan  prinsip  adaptif, kreatif, proaktif terhadap tuntutan perkembangan lingkungan strategis dan berstandar nasional dan internasional dengan keunggulan pada inovasi.

Riwaya berdirinya   LPPM  Sekolah   Tinggi  Ilmu  Kesehatan Rajekwesi  Bojonegoro dimulai dengan pendirian Akper Rajekwesi Bojonegoro tahun 1994  dengan SK  dari Departemen Kesehatan no. HK.00/06.1.1.02402, kemudian pada tahun 2004 berubah menjadi Akes dengan no. HK.03.2.4.1.02743, kemudian pada tahun 2019 berubah menjadi Stikes no. 1034/KPT/I/2019. LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro selalu berupaya untuk menjadi Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat  yang unggul sesuai dengan visi dan Misi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro secara mandiri, inovatif, terkemuka, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di tingkat nasional dan internasional, berlandaskan nilai kebangsaan, etik dan  moral .

Untuk  mewujudkan  visi  besatersebut  yaitu  menjadi  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro berwawasan Global yang menjunjung tinggi Moral Etika Berdaya Saing di Asean , LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro senantiasa menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi bagian penting dalam menentukan keberhasilan pencapaian visi yang telah dirumuskan. Perkembangan penelitian  berjalan diselaraskan dengan visi dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro  yaitu  menjadi LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro  yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni berdasarkan  moral  agama.

Perkembangan  penelitian  di  LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro dirancang sesuai dengan Academic milestones yang akan dicapai LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro. Academic milestones diarahkan pada internasionalisasi bidang pendidikan, penelitian dan publikasi, pengabdian  masyarakat  serta  penjaminan  mutu.  Dalam upaymencapai  visi  dan  misi LPPM ( Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) maka perlu disusun roadmap (peta jalan) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui roadmap ini diharapkan dapat memberi arah bagi  civitas akademika  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro  dalam kegiatan penelitian dapengabdian kepada masyarakat. Sehingga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro dapat menembus tidak hanya tingkat nasional akan tetapi dapat menembus tingkat Internasional.

Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermutu sangat penting untuk dipublikasikan dalam jurnal nasional dan bahkan pada jurnal Internasional.  Semakin banyak publikasi Nasional terakreditasi bahkan internasional berdampak pada peringkat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro . Penggunaan Sumberdaya bersama (resources sharing) di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro  diarahkan untuk mencapai luaran yang ditargetkan.

Saat ini, LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro  mempunyai 5 Program Studi yaitu Prodi D.III Keperawatan, Prodi D III Tehnologi Bank Darah, Prodi S1 Farmasi, Prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ns, Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan. Departemen  Program Studi. D.III  Keperawatan dan S1 Keperawatan adalah Keperawatan Dasar, Medikal Bedah, Kritis dan gawat darurat , Departemen Keperawatan maternitas dan anak, Departemen Keperawatan Jiwa , Departemen Keperawatan Komunitas, Departemen Keperawatan Gerontik, Departemen Keperawatan Komplementer. Program Studi S1 Kebidanan ada Ante Natal , Intra Natal, Post Natal, Bayi Baru Lahir, Keluarga Berencana, Kesehatan Reproduksi, Anak Usia Prasekolah dan Sekolah, Remaja, Program Studi S1  Farmasi  Bagian Biologi Farmasi (Departement of Pharmaceutical Biology), Bagian Farmasetika (Departement of Pharmaceutics), Bagian Kimia Farmasi (Departement of Pharmaceutical Chemistry), Bagian Farmakologi dan Farmasi Klinik (Departement of Pharmacology and Clinical Pharmacy).  Program Studi D III Tehnologi Bank Darah adalah kelompok laboratorium pelayanan darah, K3 pelayanan darah, pengembangan sistem pelayanan darah, manajemen unit pelayanan darah, perancangan sistem informasi pelayanan darah.

Masing-masing elemen dari Program Studi  mempunyai peranan yang penting dalam mengembangka keilmua dari   bidang  kesehatan, sehingg pada   tujuanny hasil penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro dapat mewujudkan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro   mencapai research excellence . Kunci utama untuk mencapai research excellence adalah penguatan agenda strategis penelitian dan pengabdian masyarakat serta membudayakan penelitian di setiap aktivitas pada masing – masing Program Studi. Oleh sebab itu keberadaan roadmap penelitian ini sangat penting perannya bagi pengembangan LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro  khisusnya masing – masing Program Studi yang ada.

  

Maksud


Roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini digunakan sebagai acuan pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro  menuju penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dan kompetitif hingga tingkat internasional sebagai wujud dari model pendidikan kesehatan yang terintegrasi antara proses akademik pada masing – masing program studi, penelitian, dan pengabdian Kepada Masyarakat.

 

Tujuan

1.   Meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan yang unggul dan kompetitif  di tingkat  nasional dan internasional.

2.    Membangun sistem manajemen penelitian dan pengabdian kepada masyaraka dalam bidang kesehatan yang integratif dan komprehensif.

3.    Membangun  budaya  penelitian  dan    atmosfer  akademis  dalam  kegiatan  pengabdian kepada masyarakat  dengan berbasis pada  science.

4.   Meningkatka da mengembangka jejaring   penelitia da pengabdia kepada masyarakat dalam bidang kesehatan dengan dunia usaha dan industri

5.   Meningkatka da mengembangka jejaring   penelitia da pengabdia kepada masyarakat  dengan  institusi  pemerintah  baik tingkat daerah, local, nasional, maupun pusat dalam  rangka  pembuatan  kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama