Sinergi Implementasi Program Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) - Hypnotherapy dalam Menangani Triad KRR (HIV-AIDS, NAPZA, Seksualitas)

Bojonegoro - Dosen tetap STIKES RAJEKWESI Bojonegoro melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang lolos melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan judul "Sinergi Implementasi Program Pusat Informasi Konseling Remaja  (PIK-R) - Hypnotherapy dalam Menangani Triad KRR (HIV-AIDS, NAPZA, Seksualitas)". Hal ini dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilakukan di Desa Gayam dan Desa Brabowan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dari bulan Februari - September 2018. 

Agus Ari Afandi, M. Psi selaku ketua pelaksana PKM menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi remaja belajar memahami dan mempraktekkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan generasi bencana. Kegiatan ini dikemas dalam wadah Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan hypnotherapy terhadap risiko terjadinya TRIAD KRR (HIV-AIDS, NAPZA, Seksualitas) sebagai akibat budaya transkultural. Kegiatan dalam PKM ini meliputi kegiatan KIE, konseling, pelayanan kesehatan, rujukan, dan pembinaan keagamaan, akhlak, dan moral. Dari PKM ini terbentuk PIK-R Gayam Young Generation dan PIK-R Brabowan Jaringan Remaja-Remaja Sukses.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana yang terdiri dari Agus Ari Afandi, M. Psi selaku pakar psikologi pendidikan dan perkembangan remaja dengan kegiatan membentuk konselor sebaya bertugas memfasilitasi remaja jika ingin melakukan konseling; Rahmawati, M. Kes selaku pakar hipnotherapy dengan tujuan remaja memiliki mindshet yang positif sehingga bisa menjadi generasi yang tangguh dengan pelaksanaan 1 bulan sekali; dan Siti Patonah, S. Kep., Ns., SKM, M. Kes selaku pakar kesehatan reproduksi remaja dengan kegiatan KIE dilaksanakan setiap 2 minggu sekali.

Di akhir kegiatan KIE tentang Triad KRR dilaksanakan lomba poster. Lomba poster ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali kreativitas remaja sesuai dengan pemahaman yang diterima. Kegiatan ini diikuti oleh remaja di Desa Brabowan dan Desa Gayam. Lomba poster dimenangkan oleh remaja Desa Gayam dengan tema "Kesehatan adalah Pilar Hidup".

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama